TEORI ETIK CIBER CRIME
DIAJUKAN UNTUK MEMENUHI TUGAS UAS MATA KULIAH
ETIKA PROFESI TEKNOLOGI INFORMASI &
KOMUNIKASI
1. HERMAN PIRWANIADI - 12120937
2. DEDI KURNIAWAN - 12120453
3. FAHMI.S
-
12117580
4. MOH.FARHAN -
5. NOLA YOLANDA -
JURUSAN
MANAJEMEN INFORMATIKA
CIMONE
TANGERANG
KATA
PENGANTAR
Puji syukur kepada
Tuhan Y.M.E. atas segala rahmat dan hidayah Nya sehingga kami dapat
menyelesaikan tugas semester 4 pada mata kuliah
,ETIKA PROFESI TEKNOLOGI INFORMASI &
KOMUNIKASI dengan tepat waktu
Besar harapan kami
semoga hasil makalah ini dapat memberikan manfaat yang besar baik untuk kami
ataupun orang lain. Ucapan
terima kasih tak lupa kami sampaikan kepada dosen Pengajar mata
kuliah EPTIK Semester 4
atas bimbingan dan arahan beliau, kepada teman-teman dan pihak-pihak yang turut
mendukung untuk terciptanya makalah ini.
Akhir
kata penulis menyadari makalah ini memiliki banyak kekurangan, karena itu
sangat diharapkan kritik dan saran yang konstruktif dari pembaca demi perbaikan
dan sekaligus memperbesar manfaat tulisan ini sebagai referensi.
Tangerang, November 2013
Penulis
( Kelompok Tiga )
DAFTAR
ISI
Lembar
judul pesentasi
Kata pengantar...................................................................................................... i
Daftar isi................................................................................................................ ii
Bab
I PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang........................................................................................... …1
1.2. Maksud dan Tujuan........................................................................................ 1
Bab
II WEBSITE DAN HTML
2.1. Website.................................................................................................... 2
2.2. HTML..................................................................................................... 3
2.3 Struktur HTML........................................................................................ 3
2.4.Editor HTML........................................................................................... 4
2.5.Tampilan Adobe Dream Weaver CS5...................................................... 4
2.6.Tampilan WEB......................................................................................... 4
Bab III PENUTUP...............................................................................................
Daftar Pustaka
BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang
Sejarah
Cyber Crime
Cybercrime
terjadi bermula dari kegiatan hacking yang telah ada lebih dari satu abad. Pada
tahun 1870-an, beberapa remaja telah merusak sistem telepon baru negara dengan
merubah otoritas. Berikut akan ditunjukan seberapa sibuknya para hacker telah
ada selama 35 tahun terakhir.
Awal 1960
Fasilitas universitas dengan kerangka utama komputer yang besar, seperti
laboratorium kepintaran buatan (artificial intelligence) MIT, menjadi tahap
percobaan bagi para hacker. Pada awalnya, kata “hacker” berarti positif untuk
seorang yang menguasai komputer yang dapat membuat sebuah program melebihi apa
yang dirancang untuk melakukan tugasnya.
Awal 1970
John Draper membuat sebuah panggilan telepon jarak jauh secara gratis dengan
meniupkan nada yang tepat ke dalam telepon yang memberitahukan kepada sistem
telepon agar membuka saluran. Draper menemukan siulan sebagai hadiah gratis
dalam sebuah kotak sereal anak-anak. Draper, yang kemudian memperoleh julukan
“Captain Crunch” ditangkap berulangkali untuk pengrusakan telepon pada tahun
1970-an. Pergerakan sosial Yippie memulai majalah YIPL/TAP (Youth International
Party Line/Technical Assistance Program) untuk menolong para hacker telepon
(disebut “phreaks”) membuat panggilan jarak jauh secara gratis.
Devinisi Ceybercrime
Cybercrime
adalah tidak criminal yang dilakkukan dengan menggunakan teknologi computer
sebagai alat kejahatan utama. Cybercrime merupakan kejahatan yang memanfaatkan perkembangan
teknologi computer khusunya internet.
Cybercrime didefinisikan sebagai
perbuatan melanggar hukum yang memanfaatkan teknologi computer yang berbasasis
pada kecanggihan perkembangan teknologi internet.
Karakteristik Cybercrime
Dalam perkembangannya kejahatan
konvensional cybercrime dikenal dengan :
1. Kejahatan kerah biru
2. Kejahatan kerah putih
Cybercrime memiliki karakteristik
unik yaitu :
1. Ruang lingkup kejahatan
2. Sifat kejahatan
3. Pelaku kejahatan
4. Modus kejahatan
5. Jenis kerugian yang ditimbulkan
Dari beberapa karakteristik diatas, untuk mempermudah
penanganannya maka
cybercrime diklasifikasikan :
- Cyberpiracy : Penggunaan teknologi computer untuk mencetak ulang software atau informasi, lalu mendistribusikan informasi atau software tersebut lewat teknologi komputer.
- Cybertrespass : Penggunaan teknologi computer untuk meningkatkan akses pada system computer suatu organisasi atau indifidu.
- Cybervandalism : Penggunaan teknologi computer untuk membuat program yang menganggu proses transmisi elektronik, dan menghancurkan data dikomputer
2. Perkembangan Cyber Crime
A. Perkembangan cyber crime di dunia
Awal mula penyerangan didunia Cyber
pada tahun 1988 yang lebih dikenal dengan istilah:
Cyber Attack. Pada saat itu ada seorang mahasiswa yang berhasil
menciptakan sebuah worm atau virus yang menyerang program computer dan
mematikan sekitar 10% dari seluruh jumlah komputer di dunia yang terhubung ke
internet. Pada tahun 1994 seorang bocah sekolah musik yang berusia 16 tahun
yang bernama Richard Pryce, atau yang lebih dikenal sebagai “the hacker” alias
“Datastream Cowboy”, ditahan lantaran masuk secara ilegal ke dalam ratusan
sistem komputer rahasia termasuk pusat data dari Griffits Air Force, NASA dan Korean Atomic Research
Institute atau badan penelitian atom Korea. Dalam interogasinya dengan FBI,
ia mengaku belajar hacking dan cracking dari seseorang yang
dikenalnya lewat internet dan menjadikannya seorang mentor, yang memiliki
julukan “Kuji“. Hebatnya, hingga saat ini sang
mentor pun tidak pernah diketahui keberadaannya.
B. Perkembangan cyber crime di Indonesia
Di
Indonesia sendiri juga sebenarnya prestasi dalam bidang cyber crime ini patut
diacungi dua jempol. Walau di dunia nyata kita dianggap sebagai salah satu
negara terbelakang, namun prestasi yang sangat gemilang telah berhasil
ditorehkan oleh para hacker, cracker dan carder lokal.
Virus
komputer yang dulunya banyak diproduksi di US dan Eropa sepertinya juga
mengalami “outsourcing” dan globalisasi. Di tahun 1986 – 2003, epicenter virus
computer dideteksi kebanyakan berasal dari Eropa dan Amerika dan beberapa
negara lainnya seperti Jepang, Australia, dan India. Namun hasil penelitian mengatakan
di beberapa tahun mendatang Mexico, India dan Africa yang akan menjadi
epicenter virus terbesar di dunia, dan juga bayangkan, Indonesia juga termasuk
dalam 10 besar.
Seterusnya
5 tahun belakangan ini China , Eropa, dan Brazil yang
meneruskan perkembangan virus2 yang saat ini mengancam komputer kita
semua… dan gak akan lama lagi Indonesia akan terkenal namun dengan nama yang
kurang bagus… alasannya? mungkin pemerintah kurang ketat dalam pengontrolan
dalam dunia cyber, terus terang para hacker di Amerika gak akan berani untuk
bergerak karna pengaturan yang ketat dan system kontrol yang lebih high-tech
lagi yang dipunyai pemerintah Amerika Serikat
C. Perkiraan perkembangan cyber
crime di masa depan
Dapat diperkirakan perkembangan
kejahatan cyber kedepan akan semakin
meningkat seiring dengan
perkembangan teknologi atau globalisasi dibidang teknologi
informasi dan komunikasi, sebagai
berikut :
1.2 MAKSUD DAN
TUJUAN
Maksud dan Tujuan yang ingin dicapai
dari study tugas ini adalah sebagai salah satu syarat untuk Ujian Akhir
semester. Dan kita dapat
1. Mengetahui
pengertian dari cybercrime
2. Mengetahui
jenis-jenis cybercrime
3. Mengetahui
penyebab-penyebab terjadinya cybercrime
4. Mengetahui
upaya-upaya penanggulangan cybercrime
Bab II WEBSITE DAN HTML
1.WEBSITE
Dalam dunia maya ( Internet )kita
mengenal beberapa istilah tentang web,www,website, webpages,dan homepage.bagi
orang awam,istilah tersebut bisa saja diartikan sama,namun jika dilihat dari
definisinya istilah – itilah tersebut mempunyai arti yg berbeda.
1. www ( word wide werb ) adalah
kumpula serverdari seluruh dunia yg berfungsi menyediakan data dan informasi
untuk digunakan bersama.
2. Web adalah fasilitas
hipertext yang mampu menampilkan data
berupa teks,gambar,suara,animasi,dan multimedia.data – data tersebut saling
terkait dan berhubungan satu dengan lainnya.untuk membaca data tersebut
diperukan sebuah web browser seperti
internet Explorer,opera,Mozila Firefox,Google Chrome dan lain sebagainya.
3. Website ( situs web ) adalah
tempat penyimpanan data dan informasi berdasarkan topik tertentu.diibaratkan
website ini seperti buku yg ber isi topik tertentu.
4. Web page ( halaman web ) adalah sebuah halaman khusus
dari situs web tertentu.diibartkan halaman web ini seperti halaman web dari
buku.
5. Homepage adalah sampul
halaman yang berisi daftar isi atau menu dari sebuah situs web.
Website pada intinya adalah hasil dari rangkaian program yang
tersusun secara systematis / terstruktur,dan dasar pemrograman web adalah HTML
( HyperText Markup Language ).
2.HTML
HTML ( HyperText Markup Language )
adalah bahasa pemrograman ( script ) yg digunakan utk menyusun dokumen dokumen
web. Dokumen HTML disimpan dalam format text reguler ( berupaa file “html atau
“htym ),dan mengandung tag tag yang
memerintahkan web browser untuk mengeksekusi perintah – perintah yang
dispesifikasikan.
HTML tidak membedakan penulisan huruf
besar dan huruf kecil pada penulisan elemen maupun tag.penulisan (I) dan (i)
dianggap sama.
Beberapa browser ada yg tidak dapat
mengenali tag tertentu,dan browser tersebut akan mengabaikan tag yang tidak
dikenalnyalalu menuliskan isi didalam tag tersebut sebagai teks biasa.
3.STRUKTUR HTML
Struktur dasar dokumen HTML adalah
sebagai berikut :
< HTML >
< HEAD >
< TITLE > Welcome to
HTML < / TITLE >
< /HEAD >
< BODY >
Dokumen HTML yag pertama
< /BODY >
4.EDITOR HTML
Untuk membuat dokumen HTML,anda bisa menggunakan semua
program teks editor biasa, mulai dari Notepad hingga Microsoft Word atau
menggunakan editor HTML berjenis WYSIWYG ( What You See Is What You Get )
seperti adobe dreamweaver.Editor HTML dreamweaver digunakan untuk mendesain
website secara visual,dimana anda tidak perlu banyak berurusan dengan tag tag
HTML untuk membuat sebuah Website.namun demikian ada beberapa keuntungan dan
kelemahan dengan menggunakan HTML
barjenis WYSIWYG ini.
Satu yang perlu diperhatikan dalam
pembuatan sebuah website yang menggunakan program teks editor adalah akhiran
file nya harus ber - extention ( *html atau *htm ). Lambang * adalah nama
filenya,jadi jika anda membuat sebuah file bernama “index” maka filenya menjadi
“ index html “ atau “ index htm “. Lain halnya jika program yang digunakan
adalah program khusus untuk pembuatan web
seperti Adobe Dreamwear.secara otomatis file yang disimpan sudah berupa
file HTML.
5.TAMPILAN ADOBE DREAM WEAVER CS5
-Langkah Awal Pembuatan Webseit Sederhana
Menggunakan Software Adobe Dream WeaVer CS5
->Jendela Awal Adobe Dream Weaver
Cs5 Dan Klik Html Untuk Memulai Mendesain Website
->Berikut Adalah Contoh Editor Unutk Membuat Html
Dengan Menggunakan DreamWeaver Kita
Buat Kolom Mendesain Secara Praktis
• -> Klik
Insert ->Html ->Frames
Buatlah Kolom Right, Left, Top DLL.
• Berikut
Contohnya
• Setelah Di
save Kita Masuk Ke Code Editor Html Dan Kita Ubah Beberapa Code Untuk Menandai
Atau Mencirikan Kolom Yang Kita Desain Contoh MainHtml Untuk Menu, Dan
LeftHtml, RightHtml, TopHtml, Juga outHtml, Lihatlah Tulisan Yang Saya Tandai
Warna Biru Disitulah Letak Editor Code Yang Kita Edit.
• Saya Juga Punya
Beberapa Trick Tambahan Dengan Jquery Download Dengan Mellalui Geogle
• -> Jequery
1.8.0.min
• ->Super
Fish Drop Down Untuk Header
• ->KendoUi
Changelog Untuk Menu
• ->Media
Player, Media-Element Untuk Video Kita Hanya Tinggal Meletakannya Saja .
6.TAMPILAN WEB
Berikut ini adalah tampilan web yang
telah di selesaikan dengan menggunakan Adobe Dream Weaver Cs5 Mendesain Website
Praktis Dengan Mudah Oke,
B
A B III
P E N U T U P
3.1 KESIMPULAN
Percetakan sablon ini memberikan banyak manfaat yaitu proses pembuatan
dan alat-alat yang dibutuhkan tidak terlalu sulit serta dapat mengembangkan
kreatifitas kedalam bentuk gambar dan penyablonan ini dapat membuka peluang
usaha yang dewasa ini mengalami peningkatan yang cukup baik. Dan dengan skil
dan pengolahan menejemen keuangan yang baik, bisnis sablon ini akan
mendatangkan untung yang lumayan besar.
3.2 SARAN
Sebagai penulis kami tidak luput dari kesalahan dalam penyampaian, baik
secara penulisan maupun penyajian. Oleh karena itu kami mengharapkan saran dan
kritik yang membangun agarkami dapat belajar menganalisa dan memperbaiki
kesalahan kami pada kesempatan mendatang.
Penulis mengharapkan agar dapat ditingkatkannya kemampuan atau skill
dalam kegiatan penyablnan dan ditingkatkanya kelengkapan alat-alat yang dapat
menunjang proses kegiatan penyablonan, serta ditingkatkan pengatahuan tentang
penyablonan lewat buku-buku bacaan.
0 comments:
Post a Comment