SELAMAT BERKUNJUNG DI BLOG SATRIA SILHKAN KLIK DAN MARI BERBAGI INFORMASI

Contoh makalah cyber crime EPTIK

Written By satria on Tuesday 10 December 2013 | 06:02



TEORI ETIK CIBER CRIME








DIAJUKAN UNTUK MEMENUHI TUGAS UAS MATA KULIAH
ETIKA PROFESI TEKNOLOGI INFORMASI & KOMUNIKASI



1. HERMAN PIRWANIADI           - 12120937
2. DEDI KURNIAWAN                  - 12120453
3. FAHMI.S                                       - 12117580
4. MOH.FARHAN                            -
5. NOLA YOLANDA                       -






JURUSAN MANAJEMEN INFORMATIKA
CIMONE
TANGERANG
KATA PENGANTAR

Puji syukur kepada Tuhan Y.M.E. atas segala rahmat dan hidayah Nya sehingga kami dapat menyelesaikan tugas semester 4 pada mata kuliah  ,ETIKA PROFESI TEKNOLOGI INFORMASI & KOMUNIKASI dengan tepat waktu


Besar harapan kami semoga hasil makalah ini dapat memberikan manfaat yang besar baik untuk kami ataupun orang lain. Ucapan terima kasih tak lupa kami sampaikan kepada dosen Pengajar mata kuliah EPTIK Semester 4 atas bimbingan dan arahan beliau, kepada teman-teman dan pihak-pihak yang turut mendukung untuk terciptanya makalah ini.

Akhir kata penulis menyadari makalah ini memiliki banyak kekurangan, karena itu sangat diharapkan kritik dan saran yang konstruktif dari pembaca demi perbaikan dan sekaligus memperbesar manfaat tulisan ini sebagai referensi.








   Tangerang, November 2013

              Penulis
     ( Kelompok Tiga )
DAFTAR ISI

Lembar judul pesentasi
Kata pengantar...................................................................................................... i
Daftar isi................................................................................................................ ii

Bab I PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang........................................................................................... …1
1.2. Maksud dan Tujuan........................................................................................ 1

Bab II WEBSITE DAN HTML
       2.1. Website.................................................................................................... 2
       2.2. HTML..................................................................................................... 3
       2.3 Struktur HTML........................................................................................ 3
       2.4.Editor HTML........................................................................................... 4
       2.5.Tampilan Adobe Dream Weaver CS5...................................................... 4
       2.6.Tampilan WEB......................................................................................... 4



Bab III PENUTUP...............................................................................................
Daftar Pustaka














BAB I
PENDAHULUAN

1.1    Latar Belakang

Sejarah Cyber Crime
Cybercrime terjadi bermula dari kegiatan hacking yang telah ada lebih dari satu abad. Pada tahun 1870-an, beberapa remaja telah merusak sistem telepon baru negara dengan merubah otoritas. Berikut akan ditunjukan seberapa sibuknya para hacker telah ada selama 35 tahun terakhir. 

Awal 1960 Fasilitas universitas dengan kerangka utama komputer yang besar, seperti laboratorium kepintaran buatan (artificial intelligence) MIT, menjadi tahap percobaan bagi para hacker. Pada awalnya, kata “hacker” berarti positif untuk seorang yang menguasai komputer yang dapat membuat sebuah program melebihi apa yang dirancang untuk melakukan tugasnya.
            



Awal 1970 John Draper membuat sebuah panggilan telepon jarak jauh secara gratis dengan meniupkan nada yang tepat ke dalam telepon yang memberitahukan kepada sistem telepon agar membuka saluran. Draper menemukan siulan sebagai hadiah gratis dalam sebuah kotak sereal anak-anak. Draper, yang kemudian memperoleh julukan “Captain Crunch” ditangkap berulangkali untuk pengrusakan telepon pada tahun 1970-an. Pergerakan sosial Yippie memulai majalah YIPL/TAP (Youth International Party Line/Technical Assistance Program) untuk menolong para hacker telepon (disebut “phreaks”) membuat panggilan jarak jauh secara gratis. 

Devinisi Ceybercrime
Cybercrime adalah tidak criminal yang dilakkukan dengan menggunakan teknologi computer sebagai alat kejahatan utama. Cybercrime merupakan kejahatan yang memanfaatkan perkembangan teknologi computer khusunya internet.
Cybercrime didefinisikan sebagai perbuatan melanggar hukum yang memanfaatkan teknologi computer yang berbasasis pada kecanggihan perkembangan teknologi internet.
Karakteristik Cybercrime
Dalam perkembangannya kejahatan konvensional cybercrime dikenal dengan :
1. Kejahatan kerah biru
2. Kejahatan kerah putih
Cybercrime memiliki karakteristik unik yaitu :
1. Ruang lingkup kejahatan
2. Sifat kejahatan
3. Pelaku kejahatan
4. Modus kejahatan
5. Jenis kerugian yang ditimbulkan
Dari beberapa karakteristik diatas, untuk mempermudah penanganannya maka
cybercrime diklasifikasikan :
  • Cyberpiracy : Penggunaan teknologi computer untuk mencetak ulang software atau informasi, lalu mendistribusikan informasi atau software tersebut lewat teknologi komputer.
  • Cybertrespass : Penggunaan teknologi computer untuk meningkatkan akses pada system computer suatu organisasi atau indifidu.
  • Cybervandalism : Penggunaan teknologi computer untuk membuat program yang menganggu proses transmisi elektronik, dan menghancurkan data dikomputer
2. Perkembangan Cyber Crime
A. Perkembangan cyber crime di dunia
Awal mula penyerangan didunia Cyber pada tahun 1988 yang lebih dikenal dengan istilah:
Cyber Attack. Pada saat itu ada seorang mahasiswa yang berhasil menciptakan sebuah worm atau virus yang menyerang program computer dan mematikan sekitar 10% dari seluruh jumlah komputer di dunia yang terhubung ke internet. Pada tahun 1994 seorang bocah sekolah musik yang berusia 16 tahun yang bernama Richard Pryce, atau yang lebih dikenal sebagai “the hacker” alias “Datastream Cowboy”, ditahan lantaran masuk secara ilegal ke dalam ratusan sistem komputer rahasia termasuk pusat data dari Griffits Air Force, NASA dan Korean Atomic Research Institute atau badan penelitian atom Korea. Dalam interogasinya dengan FBI, ia mengaku belajar hacking dan cracking dari seseorang yang dikenalnya lewat internet dan menjadikannya seorang mentor, yang memiliki julukan “Kuji“. Hebatnya, hingga saat ini sang mentor pun tidak pernah diketahui keberadaannya.
B. Perkembangan cyber crime di Indonesia
Di Indonesia sendiri juga sebenarnya prestasi dalam bidang cyber crime ini patut diacungi dua jempol. Walau di dunia nyata kita dianggap sebagai salah satu negara terbelakang, namun prestasi yang sangat gemilang telah berhasil ditorehkan oleh para hacker, cracker dan carder lokal.
Virus komputer yang dulunya banyak diproduksi di US dan Eropa sepertinya juga mengalami “outsourcing” dan globalisasi. Di tahun 1986 – 2003, epicenter virus computer dideteksi kebanyakan berasal dari Eropa dan Amerika dan beberapa negara lainnya seperti Jepang, Australia, dan India. Namun hasil penelitian mengatakan di beberapa tahun mendatang Mexico, India dan Africa yang akan menjadi epicenter virus terbesar di dunia, dan juga bayangkan, Indonesia juga termasuk dalam 10 besar.
Seterusnya 5 tahun belakangan ini China , Eropa, dan Brazil yang meneruskan perkembangan virus2 yang saat ini mengancam komputer kita semua… dan gak akan lama lagi Indonesia akan terkenal namun dengan nama yang kurang bagus… alasannya? mungkin pemerintah kurang ketat dalam pengontrolan dalam dunia cyber, terus terang para hacker di Amerika gak akan berani untuk bergerak karna pengaturan yang ketat dan system kontrol yang lebih high-tech lagi yang dipunyai pemerintah Amerika Serikat
C. Perkiraan perkembangan cyber crime di masa depan
Dapat diperkirakan perkembangan kejahatan cyber kedepan akan semakin
meningkat seiring dengan perkembangan teknologi atau globalisasi dibidang teknologi
informasi dan komunikasi, sebagai berikut :

1.2 MAKSUD DAN TUJUAN
Maksud dan Tujuan yang ingin dicapai dari study tugas ini adalah sebagai salah satu syarat untuk Ujian Akhir semester. Dan kita dapat
1.      Mengetahui pengertian dari cybercrime
2.      Mengetahui jenis-jenis cybercrime
3.      Mengetahui penyebab-penyebab terjadinya cybercrime
4.      Mengetahui upaya-upaya penanggulangan cybercrime


Bab II WEBSITE DAN HTML

1.WEBSITE
Dalam dunia maya ( Internet )kita mengenal beberapa istilah tentang web,www,website, webpages,dan homepage.bagi orang awam,istilah tersebut bisa saja diartikan sama,namun jika dilihat dari definisinya istilah – itilah tersebut mempunyai arti yg berbeda.
1.      www ( word wide werb ) adalah kumpula serverdari seluruh dunia yg berfungsi menyediakan data dan informasi untuk digunakan bersama.
2.      Web adalah fasilitas hipertext yang mampu  menampilkan data berupa teks,gambar,suara,animasi,dan multimedia.data – data tersebut saling terkait dan berhubungan satu dengan lainnya.untuk membaca data tersebut diperukan  sebuah web browser seperti internet Explorer,opera,Mozila Firefox,Google Chrome dan lain sebagainya.
3.      Website ( situs web ) adalah tempat penyimpanan data dan informasi berdasarkan topik tertentu.diibaratkan website ini seperti buku yg ber isi topik tertentu.
4.      Web page (  halaman web ) adalah sebuah halaman khusus dari situs web tertentu.diibartkan halaman web ini seperti halaman web dari buku.
5.      Homepage adalah sampul halaman yang berisi daftar isi atau menu dari sebuah situs web.

Website pada intinya adalah hasil dari rangkaian program yang tersusun secara systematis / terstruktur,dan dasar pemrograman web adalah HTML ( HyperText Markup Language ).

2.HTML
HTML ( HyperText Markup Language ) adalah bahasa pemrograman ( script ) yg digunakan utk menyusun dokumen dokumen web. Dokumen HTML disimpan dalam format text reguler ( berupaa file “html atau “htym ),dan mengandung  tag tag yang memerintahkan web browser untuk mengeksekusi perintah – perintah yang dispesifikasikan.
HTML tidak membedakan penulisan huruf besar dan huruf kecil pada penulisan elemen maupun tag.penulisan (I) dan (i) dianggap sama.
Beberapa browser ada yg tidak dapat mengenali tag tertentu,dan browser tersebut akan mengabaikan tag yang tidak dikenalnyalalu menuliskan isi didalam tag tersebut sebagai teks biasa.

3.STRUKTUR HTML
Struktur dasar dokumen HTML adalah sebagai berikut :
< HTML >
< HEAD >
< TITLE > Welcome to HTML < / TITLE >
< /HEAD >
< BODY >
Dokumen HTML yag pertama
< /BODY >

4.EDITOR HTML
Untuk membuat dokumen HTML,anda bisa menggunakan semua program teks editor biasa, mulai dari Notepad hingga Microsoft Word atau menggunakan editor HTML berjenis WYSIWYG ( What You See Is What You Get ) seperti adobe dreamweaver.Editor HTML dreamweaver digunakan untuk mendesain website secara visual,dimana anda tidak perlu banyak berurusan dengan tag tag HTML untuk membuat sebuah Website.namun demikian ada beberapa keuntungan dan kelemahan dengan menggunakan  HTML barjenis WYSIWYG ini.
Satu yang perlu diperhatikan dalam pembuatan sebuah website yang menggunakan program teks editor adalah akhiran file nya harus ber - extention ( *html atau *htm ). Lambang * adalah nama filenya,jadi jika anda membuat sebuah file bernama “index” maka filenya menjadi “ index html “ atau “ index htm “. Lain halnya jika program yang digunakan adalah program khusus untuk pembuatan web  seperti Adobe Dreamwear.secara otomatis file yang disimpan sudah berupa file HTML.


5.TAMPILAN ADOBE DREAM WEAVER CS5
-Langkah Awal Pembuatan Webseit Sederhana Menggunakan Software  Adobe Dream                WeaVer CS5

->Jendela Awal Adobe Dream Weaver Cs5 Dan Klik Html Untuk Memulai Mendesain Website

->Berikut Adalah Contoh Editor Unutk Membuat Html

Dengan Menggunakan DreamWeaver Kita Buat Kolom Mendesain Secara Praktis
      -> Klik Insert  ->Html  ->Frames   Buatlah Kolom Right, Left, Top DLL.
      Berikut Contohnya                                   

      Setelah Di save Kita Masuk Ke Code Editor Html Dan Kita Ubah Beberapa Code Untuk Menandai Atau Mencirikan Kolom Yang Kita Desain Contoh MainHtml Untuk Menu, Dan LeftHtml, RightHtml, TopHtml, Juga outHtml, Lihatlah Tulisan Yang Saya Tandai Warna Biru Disitulah Letak Editor Code Yang Kita Edit.

      Saya Juga Punya Beberapa Trick Tambahan Dengan Jquery Download Dengan Mellalui Geogle
      -> Jequery 1.8.0.min
      ->Super Fish Drop Down Untuk Header
      ->KendoUi Changelog Untuk Menu
      ->Media Player, Media-Element Untuk Video Kita Hanya Tinggal Meletakannya Saja .
6.TAMPILAN WEB











Berikut ini adalah tampilan web yang telah di selesaikan dengan menggunakan Adobe Dream Weaver Cs5 Mendesain Website Praktis Dengan Mudah Oke,




      B A B III
P E N U T U P
3.1 KESIMPULAN
            Percetakan sablon ini memberikan banyak manfaat yaitu proses pembuatan dan alat-alat yang dibutuhkan tidak terlalu sulit serta dapat mengembangkan kreatifitas kedalam bentuk gambar dan penyablonan ini dapat membuka peluang usaha yang dewasa ini mengalami peningkatan yang cukup baik. Dan dengan skil dan pengolahan menejemen keuangan yang baik, bisnis sablon ini akan mendatangkan untung yang lumayan besar.

3.2 SARAN
            Sebagai penulis kami tidak luput dari kesalahan dalam penyampaian, baik secara penulisan maupun penyajian. Oleh karena itu kami mengharapkan saran dan kritik yang membangun agarkami dapat belajar menganalisa dan memperbaiki kesalahan kami pada kesempatan mendatang.
            Penulis mengharapkan agar dapat ditingkatkannya kemampuan atau skill dalam kegiatan penyablnan dan ditingkatkanya kelengkapan alat-alat yang dapat menunjang proses kegiatan penyablonan, serta ditingkatkan pengatahuan tentang penyablonan lewat buku-buku bacaan.







0 comments:

Post a Comment